Sajikan Ikan Mentah yang Nikmat Di Lawa Bale

Anda pernah menyantap ikan mentah yang baru ditangkap dari laut? Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ikan mentah ternyata bisa sulap menjadi lauk yang lezat dan segar tanpa harus dibakar atau digoreng.
Masyarakat nelayan di Polewali Mandar menyebutknya dengan nama Lawa Bale. Makanan ini biasanya disajikan tidak hanya terbatas untuk konsumsi keluarga, tapi juga dalam berbagai acara adat dan pesta pengantin maupun sunatan.
Anda jangan pernah membayangkan bau amis atau anyir ikan mentah, sebab dengan perpaduan bumbu yang sederhana tadi, bau ikan mentah tak akan terasa lagi. Sungguh, Lawa Bale bisa jadi santapan nikmat tanpa harus menggunakan penyedap rasa.
Makanan khas masyarakat Polewali ini mempunyai aroma dan cita rasa yang khas. Lauk ini telah lama menjadi makanan favorit yang disuguhkan warga dalam berbagai acara pesta adat, ritual keagamaan dan pesta-pesta lainnya.
Tidak semua jenis ikan bisa diolah menjadi Lawa Bale. Hanya ikan kecil tertentu seperti ikan teri, ikan jambu-jambu, dan ikan banjar  yang bisa 'disulap' menjadi Lawa Bale.
Untuk mengolah satu kilogram ikan mentah menjadi Lawa Bale diperlukan satu butir kelapa parut setengah tua, 10 buah jeruk nipis, dan garam secukupnya. Ikan segar yang baru ditangkap dibersihkan kotoran dan tulang. 
Setelah dicuci bersih beberapa kali, daging ikan diremas-remas dengan air jeruk dan garam selama beberapa menit, hingga aroma ikan mentah hilang. Selanjutnya kelapa parut dimasukkan ke dalam adonan ikan. Setelah tercampur merata, lauk khas Binuang ini pun siap disajikan.
Anda penasaran dengan masakan sehat ini?  Mampirlah ke Polewali Mandar...


Sumber: Kompas